Import, Update Struktur atau Data dari Excel ke Mysql

Sebelumnya banyak sekali kawan yang berprofesi sebagai guru atau admin sebuah website bertanya, gimana cara untuk mengisi data siswa perkelas kedalam system Administrasi sekolah atau yang lainnya, dalam sebuah website yang bagus dan dinamis seorang webdesigner telah menyediakan tool untuk import dan export data, script webnya canggih tapi masih ada juga beberapa web yang belum menyediakan ini, hanya menyediakan form input data, update data atau delete data, dan ini semua tentu harus dilakukan satu persatu, disinilah masalahnya, padahal data yang harus diupdate fieldnya banyak sekali.

Ada beberapa cara mengisi datanya, mungkin dengan cara export manual dari phpmyadmin ke csv, setelah ke csv baru kita tambah datanya baru di upload lagi, tapi ini masih ada kelemahan, tetapi kalau kita memakai script importer, kita bisa memilih action yang kita inginkan.

Bagi para webdesigner ini juga merupakan solusi tercepat dalam membangun sebuah website berbasis database (mysql). Konsumen atau pemesan web hanya mempunyai data yang tersedia di excel dan webdesigner yang menginput kedalam web portal, kenapa saya katakan solusi karena biasanya ini yang saya tempuh, kita hanya mendesain struktur data di program Microsoft excel dan datanya tinggal kita convert ke mysql.

solusinya sebagai berikut:

  1. Jalankan program webserver (appserv)
  2. paste program scipt di web root (C:AppServwwwhusyap)
  3. siapkan data di excel save as ke csv dan simpan di web root di dalam folder C:AppServwwwhusyap my_csv_files
  4. Buatkan data base baru yapono_latihan (http://localhost/phpmyadmin) atau buat folder (yapono_latihan) di C:AppServMySQLdata
  5. buka Internet Explorer (hanya jalan di IE) tulis http://localhost/husyap/csv_importer.php
  6. Pilih File yang covert
  7. Centang pada  Use the first row in the .CSV file as the column headers
  8. Isikan Informasi database koneksi. Servername, user dan Password, Next
  9. Pilih, new table atau table yang sudah ada (untuk Update), next
  10. Pilih New Table, select database yang telah kita buat (yapono_latihan)
  11. Beri Nama untuk New Tablenya
  12. Karena kita memilih First Row sebagai kolom header maka kita harus mengisinya manual field typenya (Int(5), Varchar(50)), untuk membuatnya sebgai primary key dan Auto_increament nanti saja ketika sudah di phpmyadmin.
  13. Next, Finish

Merubah Nama Field ke Primary Key dan Autonumber/autoincreament

  1. Masuk ke phpmyadmin (http://localhost/phpmyadmin)
  2. Pilih Database yapono_latihan >> pilih table latihan >> centang field no klik icon kunci untuk jadi primary key dan klik icon edit untuk metubah ke auto_increament >> Save

Untuk Update

9. Pilih, Exiting Table

10. Cari Nama Data base (yapono_latihan) dan pilih nama tablenya

11. Puluh Rulenya yaitu Update All, Next

Itulah hal-hal yang perlu kita lakukan, untuk keperluan itu silahkan Download Script Importernya disini, untuk Tutorial Full Image download Disini.

Leave a Reply

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.